Tulisanku dalam Antologi

Januari memasuki hari kelima.
hari ini aku berkesempatan meminjam laptop dan modem kepunyaan temenku. Belahan jiwaku, sang lappy belum tersembuhkan. menghambat aktifitas menulisku. makanya aku juga jarang update blog.

Mumpung ada laptop pinjeman, aku memperbarui cvku. Kumasukkan daftar beberapa tulisanku yang dimuat dalam antologi. ternyata Hampir semua antologi tersebut adalah terbitan tahun 2012. 

Antologi yang memuat tulisanku memang tak banyak. hanya empat buah. tapi aku dengan sombongnya menyudahi itu. mengapa aku katakan sombong? karena aku tak mampu berpuas diri dengen sederet antologi.
aku ingin memiliki buku yang kutulis sendiri. bukan keroyokan. 

Jika menarik waktu ke belakang. Tahun 2010 adalah awal persentuhanku dengan dunia fiksi di luar sepengetahuanku. Terutama melalui grup kepenulisan di Facebook, juga lomba-lomba yang bertebaran di sana. Dari Mulai yang berhadiah pulsa sepuluh ribu hingga jutaan rupiah. Dengan getol aku mengikuti sebanyak mungkin lomba yang mampu kugapai. Tanganku begitu cekatan merangkai cerita jika sudah mendekati deadline. bahkan meski info lomba tersebut aku ketahui dua jam sebelum deadline, aku dengan gesit segera mengetik tulisan untuk di ikutkan lomba tersebut. pernahkah aku menang? ternyata tidak sodara-sodara. dari sekian banyak lomba yang kuikuti, dari skala facebook hingga lomba novel nasional. Tak ada satupun yang mampu kutorehkan nilai juara. Down sudah pasti. Tapi kekalahan demi kekalahan yang aku dapati tak membuatku jera untuk menulis. 

hari ini aku ingin sedikit pamer dengan keempat buku antologi yang memuat tulisanku dan kisah yang melatar belakanginya. 

The First Ever Parade Pena Berkisah 
Buku ini diterbitkan dari event harian di Grup Gerakan Pena Nusantara Cileungsi dimana aku bertindak sebagai editor dan penyelaras isi. Tapi setelah buku ini terbit Grup GPN C ditutup karena bermasalah dengan pendiri dan Penerbit seruni yang menaunginya. Anak-Anak Surga adalah cerpenku yang kumasukkan di sini. cerpen yang terinspirasi setelah aku menonton film August Rush. Buku ini terbit pada bulam Oktober 2012. Karena Indie, jadi tak terlalu membanggakan. hanya lelah dalam mengedit dan mengurus penerbitan buku ini. tapi melihat kebahagiaan teman-teman yang tulisannya dimuat di buku ini, rasanya cukup terbayar lunas. 

Kedua Kisah Asah Asih Asuh 
Buku ini diterbitkan oleh Desa Rangkat. salah satu komunitas menulis yang bersumber dari Kompasiana. Ada dua FFku di sana. Apakah buku ini membanggakan. ya, tapi hanya sedikit. Juga terbit pada bulan Oktober 2012 seperti buku sebelumnya. 

ketiga Serba Serbi Mudik #2 

awalnya tulisanku yang berjudul Mudik Di Kolong Langit diikutsertakan dalam event Mudik di Grup Teras pada tahun 2011. Namun kemudian Grupnya di tutup karena pemiliknya bermasalah dengan kriminalitas dan jauh sebelum kasusnya terungkap aku sudha keluar dari grup karena beberpa kali diitipu sama pemilik grup tersebut dan dirugikan secara mental dan material. setahun kemudian, naskah ini diminta oleh penerbit Deka Publishing untuk di terbitkan. Aku iyakan saja. sampai sekarang aku belum memiliki buku yang terbit di tahun 2012 ini. 

The last 101 Perempuan Berkisah 
sebenarnya ide pembuatan antologi ini sudah sejak awal tahun 2012. namun baru bisa terealisasi pada akhir tahun 2013. Cerpenku yang berjudul Keputusan Rosma hadir dalam buku setebal 376 halaman yang terbit pada bulan November 2013. 

Itulah buku-buku yang memuat tulisanku. Namun sampai sekarang aku masih belum puas. ambisiku adalah memiliki novel yang kutulis sendiri. bukan keroyokan. 

Tahun 2013 aku sama sekali tak menghasilkan tulisan. Tapi bukan berarti aku berhenti menulis. aku hanya lelah saja, lelah dengan kekalahan. Lelah dengan penolakan. dan kini tahun 2014 sudah di mulai. mungkin aku harus benar-benar berhenti menulis fiksi karena sudah saatnya skripsiku yang terbengkalai diurus biar segera lulus. 

impianku, saat wisuda nanti aku memiliki satu buah buku yang kutulis sendiri dan bukan indie. 

semoga bisa terwujud. amiinn... :D

itu dia tulisanku tentang antologi yang memuat karyaku. sampai jumpa di tulisan blogku selanjutnya. see yaaa.........

Mampang, 5 Januari 2014 Pukul 5.43 WIB

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

REVIEW CERPEN “ SALAWAT DEDAUNAN “

Review Film Hamari Adhuri Kahani

Quote dari Buku Sang Alkemis Paulo Coelho