My Family


This is story about my beloved Family 

Jadi ceritanya gue lagi kena homesick nih, daripada nge-galau gak jelas karena kangen orang rumah mending gue cerita aja ke kalian semua mengenai keluargaku.
Aku anak ketiga dari tujuh bersaudara. Keluarga besar ya? yaiyalah, hehe.


Aku awali cerita ini dengan memperkenalkan orangtuaku.


Bapakku bernama Mustadi, bukan nama yang unik, bahkan cenderung umum. Karena banyak sekali nama Mustadi di kampungku. Tapi bedanya, Bapakku ini terkenal seantero kampung. Kenapa? Karena bapakku pandai memperbaiki segala sesuatu. Misal ada ledeng rusak, listrik mati, atau tivi konslet, pasti pada dating ke rumah nyariin bapakku untuk bantu memperbaikinya. Kalo gak salah sekarang bapakku berusia 60 tahunan. Bapakku bisa apa aja deh. Jadi kalo di rumahku ada sesuatu yang rusak, pasti langsung di benerin sama bapakku. Gak dibiarin lama. Bapakku ini pekerja keras banget. Beliau rela ngelakuin apa aja yang penting halal untuk menafkahi anak-anaknya. Love you so much Bapak! <3 

Lanjut ke ibuku.
Namanya Komriyah, diambil dari bahasa arab yang berarti rembulan. Gak salah deh, soalnya jaman ibuku muda dia adalah primadona. Bunga desa yang jadi idola jejaka di masanya, hehe. Tapi akhirnya dengan Bapakkulah ibuku memilih menghabiskan hidupnya. :D .

Kalo lihat fotonya, pasti masih terlihat dong sisa-sisa kecantikan masa mudanya? Hehe (ssttt…jgn dilihat miripnya dg aku, karna udh pasti mirip. Copy paste bangetlah. Haha LOL )

Ibuku ini, adalah ibu yang terbaik sedunia. Selalu bangun paling awal di pagi hari buat nyiapin sarapan untuk seluruh keluarga, lalu bangunin anak-anaknya suruh mandi dan siap-siap ke sekolah. Belum lagi mandiin adik bungsuku dan memakaikannya seragam sekolah. Setelah semuanya selesai, semua anaknya udah berangkat sekolah, ibuku juga pergi sekolah. Nemenin adikku yang masih TK untuk belajar. Hehe
 





Ibu, yang telah melahirkan tujuh orang anak. Yang usianya sudah tidak muda lagi, yang selalu gigih mendidik dan mengajari anak-anaknya soal agama. Selalu ngingetin untuk sholat. Selalu ngedoain anak-anaknya dalam setiap shalat meski anak-anaknya sebandel apapun. Selalu ikhlas memasak dan mengurus semua keperluan anak-anaknya. Berupaya keras mengatur keuangan rumah tangga agar selalu cukup. Ah ibu, aku begitu merindukanmu. Surga di telapak kakimu mungkin tak mampu kugapai. Hnya senyum terindah di wajahmu yang kuinginkan. I love you cause Allah, Mak.
Tuhan,tak ada yang kuinginkan selain Engkau angkat semua beban dari pundaknya. Hapus semua duka dari hidupnya. Bahagiakan ia selalu di hari-harinya. Angkatlah ia ke surgaMu, di akhirat kelak. Amin.




Oke, sekarang aku akan cerita tentang aku dan saudara-saudaraku.

Kakak pertamaku namanya Jamaludin. Lahir tanggal 1 Januari 1986. Tepat setahun setelah pernikahan Bapak dan Ibuku. Tapi, gara-gara kesalahan kepala sekolahnya sewaktu SD, tahun lahirnya brubah jadi 1984. Tuh kepala sekolahnya emang koplak. Masa iya bapak ibu gue punya anak dulu baru nikah. Hahaha. Jadilah sampe sekarang tahun lahir kakakku tertulis di ktpnya 1984, habis menyesuaikan dg ijazah SDnya sih.

Jamaludin berasal dari bahasa arab yang berarti unta agama. Aku gak terlalu tahu sih kenapa doi dikasih nama itu. Yang pasti, diantara anak-anak ibuku yang lain. Ang Jamal ini paling alim, paling soleh, paling nurut dan paling gak neko-neko deh. Sholat gak pernah tinggal, rajin puasa senin kemis, sayang banget ama adek-adeknya. Pokoknya udah kayak sosok bapak kedua deh.

Gak heran sih. Karena menurut cerita ibuku, pas hamil Ang Jamal ibuku tuh rajin baca Alqur’an, rajin solat malam. Pokoknya ibadah gak putus deh. Makanya pas keluar jadi anak yang baik sedunia dan seakhirat. Hehe. Pas ang Jamal lahir nih, ibuku bangga banget. Karena di keluarga bapak ataupun ibu saat itu belum ada cucu laki-laki. Jadilah itu sebuah kebanggaan. Tapi kemudian kata ibuku, dia jadi agak kesusahan karena gak punya anak cewek yang bisa bantuin dia dirumah. Apalagi anak keduanya juga laki-laki. Hehehehe

Selain alim penurut dan soleh, kakakku ini ganteng banget loh. Setuju gak? Hehehe. Temen SMPku aja pernah ada yang naksir ama dia. Hehehe. Doi selalu menjaga diri dan kehormatan keluarga. Gak pernah berbuat macem-macem. Meski di kampungku banyak pemuda yang suka mabok-mabokan, tapi kakakku gak pernah ikut-ikutan. Ngerokok aja enggak. Dia lebih fokus mengejar masa depan.
Ang Jamal sekolah sampai tingkat SMA. Dia punya ijazah Sekolah Pertanian Pembangunan. Yang sekarang berubah jadi SMKN 1 Susukan. Lulus sekolah, kakakku kerja jadi penjahit. Mewarisi kepandaian ibuku dalam menjahit. Beberapa tahun kemudian dia resign, pindah kerja ke minimarket. Dari minimarket yang satu hingga ke minimarket yang lain. Doi sempat diangkat menjadi kepala toko di salah satu minimarket besar di Indramayu. Tapi kemudian terpaksa keluar karena sesuatu hal yang tak bisa kuceritakan disini.





Tahun lalu, kakakku tersayang ini telah bertemu jodohnya. Sudah mengucapkan ikrar di depan penghulu pada bulan oktober 2012. (Jangan pada patah hati ya,hehehe). Sekarang doi sedang menunggu kelahiran anak pertamanya tuh. Sampai sekarang aku masih agak gak rela kakakku yang cakep ini udah jadi suami orang. Rasanya aku mau ang jamal Cuma jadi milikku dan keluargaku selamanya. sungguh pemikiran yang bodoh. *Plak!

Tapi aku ikut bahagia kok ang jamal udah ketemu jodohnya, apalagi kakak iparku cantik banget. Cocok deh sama ang jamal yang handsome-nya gak ketulungan. Hahahaha. Smoga rumah tangga mereka berdua selalu bahagia selamanya. amiinn… :D


Lanjut ke kakakku yang kedua. Namanya Amrullah. Dari bahasa arab juga sih,kurang lebih maknanya adalah pemimpin Allah di bumi,gak jauh beda sama makna khalifatullah fil ardhi ( pemimpin wakil Allah di bumi). Doi lahi tanggal 10 Februari 1988. Beda dua tahun doang sama ang jamal. Karena pada waktu itu ibuku belum ikut program KB. Panggilan kecilnya amru, tapi karena dulu waktu dia masih unyu2 masih cadel gitu suka manggil dirinya sendiri abu, akhirnya keterusan, di keluarga dia di panggil Abu. Adik-adiknya selalu memanggilnya Ang Abu (biasa digabung jadi Angabu). Kalo adikku yang kecil manggilnya Abuo, karna gak bisa manggil Angabu. Malah waktu kecil aku manggilnya Abu Lakang (versi cadel dari Amru Nakal) hahaha. Habis waktu kecil dia ini hobi banget jahilin aku. Aku suka dibikin nangis sama dia. Jadilah julukan itu melekat pada dirinya sampe sekarang.hehehe

Angabu ini, paling hobi bikin aku jelous. Entah dia sadar ato gak. Dia ini gampang banget akrab sama orang, gampang banget ngobrol akrab sama ibu dan ang jamal (hal yang baru bisa kulakukan setelah aku masuk kuliah.) bahkan pernah loh, waktu aku ngelihat dia ngobrol akrab banget sama Ang Jamal aku nangis masuk kamar sambil bertanya-tanya. ‘kok bisa ya kakak adek mesra banget kayak mereka?kenapa aku gak bisa masuk dalam keakraban itu? Apa karena aku cewek?’ pokoknya iri bangetlah sama kedekatan mereka berdua. Bahkan gara-gara itu sampe ngayal bisa punya kakak cewek biar bisa curhat kayak mereka. Tapi tentu saja itu gak mungkin.


Selain bikin jelous karena dekat sama ang jamal, Angabu juga bikin aku jelous karena dekat banget sama ibu. Omongannya selalu didengarkan sama ibu. Dia selalu menceritakan kegiatannya di tempat kerja maupun tentang teman-temannya sama ibuku. Ibuku juga selalu curhat sama dia. Selalu minta pertimbangan Angabu kalo mau mengambil keputusan apapun. Bukan hal negative sih, aku justru malah seneng ibuku punya tempat berbagi. Tapi itu dia, aku jelas sangat iri dengan hal tersebut, sebagai anak perempuan tentunya aku juga ingin sedekat itu sama ibu. Tapi entah kenapa aku gak pernah bisa menembus kedekatan mereka. Ada ikatan batin yang terjalin selama bertahun-tahun antara ibu dan Angabu yang tak bisa aku lakukan sampai sekarang.

Lanjut ya, Angabu ini meskipun kecilnya nakal banget (sampe sekarang juga masih suka kumat sih,hehe) tapi dia adalah seorang Kakak SIAGA. Dia siap nganterin kemana aja, bantuin apa aja. Selama aku di Jakarta, dia yang selalu antar jemput aku di stasiun. Jaman sekolah juga dia tiap pagi ngaterin aku MOS, subuh-subuh. Jaman aku SD-SMP, dia selalu ngebantuin bikin jadwal piket. Sebenarnya dia kakak yang baik, tapi sayang suka marah-marah. Hehehe

Ada satu hal lagi yang ingin kuceritakan tentang dia, dia adalah seorang seniman sejati. Sayang dia memilih untuk tidak mendalaminya karena berpikir realistis, bahwa jika bidang seni ia tekuni, ia takkan bisa punya penghidupan. Dia jago banget bikin puisi, kalo boleh jujur aku belajar bikin puisi dari dia loh. Awal pertama sekali aku suka nulis aku hanya bisa bikin cerpen dan novel, kalo bikin puisi selalu butek. Tapi aku suka baca puisi-puisinya Angabu yang ia tulis di buku catatannya. Dari sana aku belajar merangkai kata-kata sederhana menjadi tampak indah. Doi ngefans sama Kahlil Gibran tuh, tapi dia gak suka baca novel tebal kayak aku. Sampe sekarang jiwa sastrawannya gak pernah pudar, terbukti dari status2nya dia yang selalu puitis, sayang, temen2 fb-nya kebanyakan temen2 kerja yang kurang apresiatif dlm hal kayak ginian. Jadilah karyanya hanya sebatas kosong. Statusnya yang berisi puisi indah diisi komen2 gak jelas dan OOT dari temen2ny.  Selain itu, doi juga jago gambar loh. Tapi yang itu gak usah dibahas lah ya, soalnya itu tak terlalu terlihat, sekarang malah doi hobinya utak atik gambar di photoshop.

Dia lulusan SMKN 1 Susukan, sekolah yang sama dengan kakakku. Dan sekarang dia kerja di warnet, sebagian penghasilannya selalu ia sisihkan untuk dikasih ke ibu. Sungguh anak yang berbakti. ^_^
Saat ini doi masih cari jodoh, kriterianya sih gak muluk-muluk. Yang penting mau nerima dia apa adanya dan juga sayang sama Emak (ibuku). Ada yang berminat? Hehehe

And, the next one is…ME!


Lahir pada hari senin 22 April 1991 bertepatan dengan tanggal 7 Syawal 1412 Hijriah. Makanya aku dikasih nama Fitriyani, yang bermakna hari raya suci kedua. (7 syawal adalah hari raya kedua setelah idul fitri bagi orang yang menyambung puasa ramadhannya dengan puasa syawal enam hari)
Ibuku nih kayaknya seneng banget pas aku lahir. Secara anak perempuan pertama setelah dua anaknya laki-laki. Kalo ada juru foto keliling nih, pasti aku langsung difoto. Bahkan ibuku sering ngajak aku ke pasar di mana ada studio foto dan disanal gambarku yang montok dan unyu diabadikan. Sayang sekarang arsipnya udah ngilang gak tau kemana. Hehehe.

Bisa dibilang aku anak yang paling suka berontak diantara anak ibuku yang lainnya. Kenapa? Ya karena aku bandel. Hehehe. Ibuku pengen banget aku bisa jadi seorang hafidzoh seperti sepupu-sepupu perempuanku yang sering menjuarai MTQ dimana-mana. Tapi ya, gimana? Ampun Maakk, aku gak kuat menghafalkan Alqur’an. Berat banget rasanya. Apalagi setelah tahu dosanya orang yang hafal Alqur’an kemudian lupa itu gede banget. Makdartu, aku gagal jadi seorang hafidzoh, meskipun sempet mencoba pada waktu SMP.

Kalo Bapakku, pengennya aku jadi TKW. Pergi ke arab gituh, biar bisa dapet duit banyak dan bikin rumah gedong buat mereka. Tapi sayang, aku terlanjur takut dg semua berita buruk tentang TKI di luar negeri yang sering disiksa majikannya, gaji gak dibayar, pulang tinggal nama. Padahal kebanyakan cewek di kampungku emang jadi TKW sih. Dan rata2 sukses bikin rumah gedong. Makanya profesi TKW itu prestisius banget di kampungku, mau itu cewek yang masih lajang bahkan yang udah bersuami pun berlomba-lomba menjadi TKW demi meningkatkan taraf ekonomi keluarga. Tapi sayangnya, aku bukan salah satu diantara mereka.

Dari dulu yang kuinginkan adalah ngelanjutin sekolah setinggi-tingginya. Apalagi dari dulu aku adalah pelanggan setia televisi, ssatu-satunya hiburan dirumahku selain radio. Mungkin kalian masih ingat dengan sinetron Tersayang yang dibintangi oleh Anjasmara dan Jihan Fahira. Itu kan settingnya anak kuliahan tuh, nah dari sanalah aku selalu berkhayal ingin cepet dewasa dan ngerasain gimana jadi anak kuliahan. Padahal waktu itu aku masih kecil banget loh. Hehehe. Tapi kemudian khayalan itu terhempas ketika suatu hari aku menemani ibuku ke desa sebelah untuk mengobati adikku yang belum bisa berjalan. Saat itu kami melewati sekolah Ang Jamal (SPP) aku iseng nanya,

“Mak, lulus SPP Ang Jamal kemana?”

ibuku menjawab: “ Ya kerjalah, mau ngapain lagi?”

saat itulah aku tersadar, khayalanku untuk menjadi anak kuliahan itu gak mungkin. Kakakku yang cowok aja Cuma sampe SLTA, apalagi aku yang cewek. Sejak saat itu aku gak pernah berkhayal apapun lagi. Rasanya sakit banget ketika jatuh dari khayalan tingkat tinggi.

Ada satu impianku yang belum terwujud sampai sekarang, yaitu ingin mesantren. Aku pengen banget ngerasain jadi seorang santri, belajar ilmu agama setiap hari. Merasakan dekat dengan Allah, menyerap ilmu dari para ustad dan kyai. Tapi hal itu belum pernah terealisasi sampai sekarang. Aku pernah menangis tengah malam hingga ayah dan ibuku bertanya apa yang terjadi. Namanya orangtua kan khawatir yah. Aku gak pernah menyalahkan ayah dan ibuku yang tak sanggup membiayaiku masuk pesantren sedangkan pengetahuan mereka tentang pesantren yang gratis itu amat minim. Yah, itulah mimpi yang tak mampu kurengkuh sejak kini.

Balik lagi, posisiku sebagai anak perempuan pertama dalam keluarga secara gak langsung menempatkanku sebagai orang yang harus bantuin ibu. Sejak kecil ibu ngajarin aku melakukan pekerjaan rumah tangga. Aku dibiasakan untuk ikut berpartisipasi membersihkan rumah. Bahkan ikut ngemong adik-adikku waktu mereka masih bayi dan balita.


Bicara soal bandel, akulah anak yang paling sering ngelanggar peraturan di rumah dan membuat orangtuaku marah. Aku sering main sampai nginep di rumah temen tanpa bilang dulu sama orangtua, otomatislah mereka kalang kabut. Hehe. Aku juga sering pulang malam waktu kerja di radar Cirebon dulu, dan itu paling bikin orangtuaku gak suka sehingga aku harus resign. Kalo di list kebandelanku rasanya gak bakalan habis, paling banyak deh. Soalnya aku selalu berusaha menjadi ‘beda’ . hehehe. Jadi malu euy..:D

Bapak, ibu, maafin aku ya. :=)



Tapi aku berhasil jadi orang pertama dalam keluarga yang bisa dapet beasiswa untuk kuliah. Horeee,,,,!!! :D

Mimpiku yang terakhir, bisa dapat suami yang ganteng, solehah, bertanggung jawab, pekerja keras dan sayang sama keluarga kayak kedua kakakku. :D. yah, mereka berdua adalah cinta pertamaku. Kalo bukan adiknya aku udah jatuh cinta dari dulu kali. Hehehehehe *koplak!

Next up, my young Sister. Rizkiyana Dewi.Panggilannya Kiki.


Doi lahir tanggal 12 Juni 1995. Beda empat tahun dari aku. Dulu dia nih yang paling telat belajar jalan. Kata kakak-kakaknya, dia ini lemot dan gak secerdas anak ibuku yang lain. Tapi menurutku, sebenarnya dia hanya mengalami tekanan. Karena dia masuk MTs dimana aku juga dulu berskolah disana, secara aku kan selalu famous dikalangan guru2 MTs, jadilah doi selalu dibandingkan sama aku. Kasian juga sih, dia tidak bisa menampilkan orisinalitas dirinya. Dia mirip denganku, lemah di matematika.hahaha

Sekarang dia udah kelas 1 SMA bentar lagi naik kelas dua.  And you know what? Mantan pacarnya udah puluhan, sejak MTs dia udah sering gonta ganti pacar apalagi sekarang dia udah SMA. gue aja mantannya baru satu, itupun gue pacaran setelah duduk di semester 1 kuliah. (curcol) *abaikan. Udah tinggi, langsing, item manis, beda bangetlah ama kakaknya yang lagi nulis ini. kalo dia famousnya di kalangan cowok2, gue Cuma bisa famous di kalangan guru2. Haha.







Doi punya semangat tinggi untuk jadi seorang anggota PMR sejati. Sayang, tubuhnya gak sekuat semangatnya. Dia pernah jatuh sakit gara2 kecapekan latihan PMR.  Dari kecil daya tahan tubuhnya emang gak kuat sih. Dan sekarang, setelah aku kuliah. Doi yang gantiin tugasku di rumah bantuin ibu ngerjain pekerjaan rumah tangga. Udah seharusnya sih. Padahal dulu pas mau berangkat ke Jakarta aku sempat khawatir loh gak ada yang bantuin ibu kalo aku pergi, eh ternyata dia juga bisa diandalkan. :D
Dulu sempat bikin ortu marah juga karena kebanyakan main dan suka pulang malam gara2 main di rumah temen. Tapi sekrang Alhamdulillah dia udah dewasa dan lebih bisa menjaga perasaan orangtua. :D


Selanjutnya, adikku yang kedua. Namanya Abdul Muksit. Panggilannya Kais. Dia lahir pada tanggal 26/27 Agustus 2000. Lahirnya persis hampir jam 12 malam. Waktu itu aku udah tidur, pas dengar tangisannya aku langsung bangun dan ngelihat bayinya. Waktu itu aku pengen banget punya adek cowok, pas lihat ‘titit’nya aku senang. Akhirnya bisa punya adik cowok juga. hehehe

Dia ini pinter loh di kelasnya, sering juara lomba. Selalu dapat rangking di kelasnya. Baru-baru ini dia memenangi lomba cerdas cermat. Hobinya main bola, suka jadi kiper. Sering bolos sekolah pada hari minggu saking gandrungnya main bola.(sekolahnya Madrasah Ibtidaiyah yang liburnya hari Jum’at). Ngefans banget sama Avenged Sevenfold, gua aja kagak tahu tuh band mana and  genre musiknya apaan. Doi juga suka banget main game. Pokoknya kalo gue ada di rumah, pasti selalu minta main game di laptopku. Makanya aku suka ngapusin game di lappy kalo mau pulkam biar gak dimainin adikku. Haha. Dulu sebelum punya laptop, dia main gamenya di hape, bahkan rela ngabisin uang jajannya tiap hari untuk main game computer di rumah tetangga. Gila, anak jaman sekarang. Gue beliin majalah BObo sepuluh biji kagak dia baca, dia lebih milih main game di laptopku. Susah banget budayain baca di adik2ku. Untungnya kecerdasan doi gak luntur.


Meski kadang suka bikin adiknya nangis, tapi naluri kakaknya tetap ada. Dia gak segan gendong adik bungsunya buat nenangin kalo Sita lagi ngerengek. Suka ngajak adiknya main. Tapi juga narsisnya bukan main. Hehehe. Gue yakin dia bakalan setampan Ang Jamal dan Angabu kalo udah gede. :D


Adikku yang ketiga, namanya Siti Fajriati. Tadinya mau dikasih nama Siti Ayu Eliza, karena bapakku ngefans sama Siti Nurhaliza. Tapi karena anak tetangga sudah ada yang namanya Eliza jadinya dinamain Siti Fajriati deh. Panggilannya Siti. Dia lahir waktu subuh, pada tanggal 23 September 2004. Tangisannya yang kayak teriakan kucing membangunkanku dari tidur nyenyak di bawah tirai ruang tamu. (kebiasaan tidur anytime anywhere-ku udah ada sejak dulu.hehehe) makanya dikasih nama Siti Fajriati karena doi lahir pas fajar baru datang. Ama kakak-kakaknya ditengah namanya di kasih tambahan Ayu.


Namanya sering diplesetin jadi Siti KDI atau Siti Nurhaliza, tapi yang paling nempel dan awet jadi julukannya ampe sekarang adalah Siti Demek. Gara-gara serial Entong yang di TPI dulu itu. Secara kasat mata, diantara yang lainnya dia yang paling mirip sama aku. Gendutnya sama, chubby-nya sama, apalagi kalo dia pake jilbab, wuh, kayak gue versi kecil men! Hehehe

And the last but not least, adik bungsuku. My beloved last sister. Zahrotusyita. Panggilannya Sita

Dia lahir pada tanggal 23 Desember 2007. Waktu itu gue baru pulang sekolah, langsung dapat kabar bayinya udah lahir. Saat itu aku masih kelas 1 SMA. Percaya ato gak, nama dia yang memiliki arti ‘Bunga di Musim Dingin’ ini bersumber dari tayangan favorit keluarga kita di tivi. Yaitu Sinetron Para Pencari Tuhan. Dalam salah satu bagian ada adegan Azam (Agus Kuncoro) ngomong sama Aya (Zaskia Mecca) bahwa mereka akan punya anak yang namanya Zahrotusyita. Karena artinya bagus, tiga adik gue yang lain maksa-maksa buat jadiin itu nama adik bayi kita. Ibuku akhirnya setuju, kalo ada yg nanya kenapa kasih nama itu, kita sih bilangnya karena dia lahir pas musim ujan, jadi namanya pas. Hehehe

Sampai sekarang, nih anak jadi primadona di keluarga. Coz, doi yang paling bening, paling unyu, paling imut diantara kakak-kakaknya yang lain. Hehehe. Tapi awal kehidupannya cukup memprihatinkan. Setelah melahirkan dia, kesehatan ibuku memburuk, beliau menderita jantung bengkak sehingga harus menjalani pengobatan. Obat jantungnya ini sangat keras sehingga tak bisa menyusui adikku. Jadi, Sita Cuma ngerasain Asi 10 hari aja. Abis itu langsung dikasih susu formula. Oleh karena itu pula dia susah sekali di sapih. Baru setahun belakangan dia bisa lepas dari susu botol.
Tak banyak yang bsia kuceritakan tentang Sita. Tapi yang pasti, dia udah kayak anakku sendiri. Karena saat bayi aku yang selalu menggantikan ibu mengurusnya ketika ibuku sakit. Setiap malam ibu membangunkanku untuk bergantian menjaga SIta karena terus menangis sedangkan ibu tak bisa menyusuinya. Makanya ikatan batinku dengannya sangat kuat. Emang sih, sejak kelahiran Siti aku udah bantuin ibu ngurusin bayi. Tapi dg Sita itu berbeda, saat itu aku udah cukup dewasa untuk mengerti tanggung jawabku sebagai anak perempuan sulung. Dan kasihku berlebih untuk Sita. Aku menyayangi semua adikku, aku ingin mereka bisa lebih sukses dariku. Tapi Sita udah kayak anakku sendiri, karena sejak bayi aku yang mengasuhnya. Makanya saat berangkat ke Jakarta yang paling kurindukan adalah dirinya.

Itulah kisah tentang keluargaku. Aku tak ingin membuka aib pada siapapun. Aku hanya ingin berbagi, betapa uniknya keluargaku dan betapa aku sangat mencintai mereka dengan segenap atom yang ada di tubuhku
 


aku paling sebel karena diantara ketujuh anak ibu, akulah yang paling pendek. *sigh -__-. lihat aja, kedua kakakku tinggi2, kedua adikku aja udah menyusulku tingginya. kenapa Tuhaann?? T_T
kenapa aku jadi yang  paling pendek diantara mereka?
*abaikan bagian ini :D



Komentar

  1. Ehmm...
    unik dan lengkap ya ceritanya :P
    Pasti rame punya banyak saudara. Aku aja cuma bertiga tapi udah bikin kepala pusyanng :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya rame banget. hehehe
      dunia serasa lengkap waktu kita ngumpul semua.hehehe

      Hapus
    2. Seru ya rame keluarganya.
      Ada quotes bagus Bu Aji, "Ketika kita merantau, dan jauh dari keluarga, maka kita akan sangat sadar, bahwa keluarga adalah tempat terbaik."

      Kunjung balik cyin...www.jurnalasri.blogspot.com

      Hapus
    3. bner banget tuh aciew. nanti aku kunjungi yah jurnalmu kalo ada waktu luang.hehehe

      Hapus
  2. Bisa ga bapa bu aji memperbaiki hatiku yg mulai rapuh? Hahahaha
    Keluarga yang ramai dan hangat.. Beda dgn keluargaku yg hanya bertiga dan perempuan semua.. Berjuanglah untuk mereka bu aji :)) insya Allah bu aji lah anak shalehah yg diidam-idamkan org tua. Amiiin

    BalasHapus
    Balasan
    1. bapakku bukan tukang reparasi hati ndah, hehehehe
      semangat indah. sambut hari yang baru diusiamu yang bertambah satu.
      amin,amin. :D

      Hapus
  3. Wah, seru ya! :D
    Beneran deh, adik bungsunya itu emang cantiikkk! Kirim salam yah :D

    BalasHapus
  4. salam apa mbak gemn? salam cipok? hehehe

    BalasHapus
  5. cakep, tapi kalo boleh jujur, ada beberapa bagian yg kurang autentik... sama tanggal lahir aku 10 bukan 1 jadi nol nya di tendang ke mana tuh...
    terlepas dari itu semua, ini adalah biografi keluarga yg paling asik buat dibaca, apalgi pas baca tentang ibu, waduh kerasa gimana banget... ternyata belum ada seujung kuku saya buat negbales semua yang telah ortu lakuin... Mom I love you BE GE TE lah...
    n buat semua adikku, aku selalu pengen jadi yg terbaik buat kalian, tapi teknisnya ternyata lebih sulit untuk dilakuin... rasa ego kadang ngalahin semuanya, jadi yang nyampe ke kalian adalah sosok kakak yang nyebelin dan pemarah..
    buat adiku, semoga aku bisa melihat kalian sebagai sebuah proses yg gk usah berlebihan aku paksa jadi seperti yg ku mau, krena kalian punya dunia yg lebih indah dari yang ada di kepalaku dan semoga kalian bisa melihat apa yg kulakukan sebagai cara kasih sayang yang masih jauh dari sempurna...

    BalasHapus
    Balasan
    1. komenmu bikin aku mau nangis deh. ntar diedit lagi tanggal lahirnya.
      makasih udah jagain emak slama ini, dan udah jadi kakak yg baik buat adik-adikmu.
      semoga dapat pendamping yang solehah buatmu.
      love you brother :D

      Hapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

REVIEW CERPEN “ SALAWAT DEDAUNAN “

Review Film Hamari Adhuri Kahani

Quote dari Buku Sang Alkemis Paulo Coelho