Postingan

Menampilkan postingan dari Juni, 2013

CITA CITA BARUKU ^_^

Hari ini saya akan membagi apa yang terlintas di pikiran saya ketika membaca buku Indonesia Mengajar yang merupakan kumpulan tulisan Pengajar Muda angkatan pertama. Banyak kisah mengharukan di buku ini, ada pula yang menerbitkan tawa, namun lebih sering membuat decak kagum di dalam hati saya. Salah satu kisah dalam buku itu membangkitkan kenangan masa kecilku. Judulnya Hari Ini Tak Semua Muridku “Turun” , ditulis oleh Mutia Hapsari, Pengajar Muda yang ditempatkan di Paser. Dalam tulisan tersebut ia menceritakan bahwa muridnya banyak yang sering tak hadir di sekolah karena membantu orang tua di kebun atau di sawah, minimnya kepedulian orang tua mengenai masalah pendidikan anak-anaknya dan lebih mementingkan menggunakan tenaga anak-anak untuk membantu keluarga mencari nafkah. 
Kisah tersebut mengingatkan saya pada masa kecil saya yang terpaksa harus membolos sekolah jika masa panen tiba,

Polanharjo, I'm Coming!

Gambar
Hari ini pembekalan terakhir di IPB. Ups, aku belum cerita. Universitas Paramadina bekerjasama dengan IPB untuk mengadakan pengabdian di beberapa daerah di Indonesia. Program ini disebut IPB Goes To Field, kalo di Paramadina namanya Program Mahasiswa Mengabdi. Untuk ikutan program ini mahasiswa harus mendaftar dulu di kampusnya masing-masing, setelah di seleksi terpilihlah 20 orang dari Paramadina dan 507 orang dari IPB.

Petualangan Sherina (Dan Aku)

Semalam, aku dan teman-teman yang masih stay di asrama nonton film Petualangan Sherina. Film jaudl banget, yang dibuat waktu kami masih SD. PEtualangan Sherina dan Ada Apa Dengan Cinta menandai kebangkitan perfilman tanah air yang sebelum kehadiran dua film tersebut sangat lesu karena krisis moneter dan gejolak politik dalam negeri yang terjadi pada dekadi 90-an hingga awal 2000.
Namun di sini aku tidak ingin menceritakan peran kedua film itu dalam membangkitkan gairah perfilman Indonesia yang sempat lesu. Aku ingin bercerita tentang kenanganku yang terkuak kembali saat dan setelah nonton lagi Film Petualangan Sherina itu semalam.
Masing-masing dari kami yang menonton malam itu memiliki kenangan tersendiri akan film tersebut.

Tentang Penulis Idolaku

pengen update blog
tapi bingung mau nulis apa, pengen nulis tentang Mahasiswa Mengabdi aka IGTF bahannya masih berserakan di catatanku. baiknya aku tulis saja tentang opiniku mengenai penulis idolaku. Tere liye.

Sekilas Tentang Tere LIye
dia adalah seorang penulis, LAKI-LAKI, bernama asli Darwis. gaya penulisannya yang begitu mendayu-dayu membuat banyak orang tertipu sehingga menyangka dia adalah seorang perempuan. pertama aku baca tulisannya adalah Hafalan SHalat Delisa, yang sukses bikin aku nangis sampe dadaku terasa sesak. meski ketika difilmkan malah jadi mengecewakan.