{ Cerpen} Gigit Jari




 Nyak Romlah heran ngeliat Udin bengong saat makan, padahal Nyak Romlah udah nyediain semur jengkol kedoyanan Udin.
“ Din, lu kenape? Masakan Nyak udah gak enak lagi ye?”
“ Nyak, aye frustasi nih Nyak. Fay mutusin aye Nyak, padahal sepatu yang aye kredit sama bang Rohim belum lunas.” Udin malah curhat sama Nyaknya.
“ Lho, apa hubungannye sepatu ama cewek?” Nyak heran.
“ Sepatu itu Udin kredit khusus buat jalan sama Fay, Nyak. Biar keren, gaya gitu. Eh, Fay malah mutusin aye. Padahal belum ada dua bulan aye jalan ma die, kok bisa gini sih Nyak? Emang aye jelek banget ye?”
“ Nyak kagak ngerti dah masalah begituan, pokoknye abis makan lu bantuin Nyak benerin tali jemuran. Abis ntu, lu nguras empang noh di belakang rumah, kasian ikan gurame babeh, airnya udah kotor. Tar pada sakit lagi, terus mati.” Nyak berlalu dari hadapan Udin yang cuma bisa melongo menahan sakit di dadanya, ternyata Nyak lebih sayang ama ikan gurame piaraan babeh daripada Udin anaknya sendiri. 
 ***
Fay, mojang asal kota Bandung itu emang cantik banget. Makanya Udin amat bersuka cita ketika Fay menerima cintanya. Namun baru dua bulan mereka jadian, Fay malah minta putus tanpa sebab yang jelas.  Udin tambah stress ketika melihat kini Fay dekat dengan Rey, anak baru di sekolah mereka yang asli Bangka Belitung itu emang kece dan cool abis. Udin sih, kalah jauuuhhh!
 “ Fay, elu kok tega-teganye mutusin gue? Gue tuh cinte mati ama elu, Fay!” kata Udin memprotes. Ketika mereka berdua sedang berdua di kelas pada jam istirahat.
"Keun wae, atuh, Din. Cinta kita mah udah finish. Jadi biar aja aku bobogohan sama Rey. Rey itu sipit. Jadi kalo aku selingkuh dia gak tau," kata Fay.
Tak lama kemudian Rey muncul dengan membawa setangkai mawar dan sebatang coklat. Fay langsung sumringah menyambut kedatangannya. Udin hanya mampu meringis menahan tangis. Udin geram, tangannya terkepal kuat. Udin menggebrak meja dan memanggil nama ibunya.
“ Nyaaaakkk!!!” teriakan Udin menggelegar hingga membuat kaca jendela kelas pecah berantakan.
Bersama teriakan Udin, muncul angin kencang yang menerbangkan bangku-bangku di kelas. Rupanya nama Nyak membawa kekuatan bagi Udin untuk membuat angin bertiup kencang. Dengan langkah tegap Udin maju menghampiri Fay dan Rey yang terbengong melihatnya. Udin merampas bunga mawar yang dibawa Rey kemudian melemparnya ke lantai dan menginjaknya sampe hancur, kemudian dia menyingkirkan Rey dari hadapan Fay. Fay terpana melihat Udin yang terlihat gagah dan mempesona di hadapannya.
“ Udin, maneh ko bisa jadi kasep begini? Oh, Udin…abdi teh bogoh pisan ka maneh,,,”
Udin tersenyum kemudian merangkul Fay yang langsung bergelayut manja di pundaknya. Oh indahnya dunia…
Tapi tunggu dulu, ternyata oh ternyata, semua itu hanya khayalan udin semata. Mimpi di siang bolong, Udin tersadar dari lamunan indahnya dan melihat Fay yang melenggang pergi bersama Rey. Kenyataan tak seindah lamunan….towewewengg!!
***
Hari ini Udin datang ke tempat les balet Fay, sekotak dodol special telah Udin siapkan untuk dipersembahkan pada Fay, keyakinan Udin setinggi gunung Ciremai kalo dengan dodol itu Fay bakalan balik jadi pacarnya lagi. Begitu Fay selesai latihan balet, Udin segera mendekatinya.
“ Fay, gue bawain dodol nih. Lu pasti suka.”
Fay melirik sekilas pada kotak dodol yang disodorkan Udin.
“ Aduh Udin, maneh teh kamana wae atuh? Jaman udah canggih begini, masa ngasih dodol ke cewek? Gak keren ah.” Ucapan Fay membuat Udin tertunduk lesu.
Tak lama kemudian Rey muncul sambil membawa sekotak brownies, Fay menyambutnya dan segera memakan brownies yang dibawakan Rey. Udin hanya bisa memandang cemburu.
 ***
“ Fay, gue denger dari Nyaknya si Udin. Katanya Udin sakit, dia mogok makan seminggu. Kasihan tuh si Udin, dia pasti patah hati banget di putusin sama elo Fay.” Asri, cewek yang tak kalah kece dengan Fay itu memang tetangga Udin sejak kecil.
“ Masa sih sampe segitunya? Kasian banget Udin kalo kayak gitu.” Fay jadi berpikir keras.
Siangnya Fay menceritakan keadaan Udin pada Rey dan mengajaknya menjenguk Udin sepulang kuliah nanti.
"Asik dong, beras di rumah emaknya jadi irit," ujar Rey datar.
“ Kok ngomongnya gitu sih, Rey? Aku baru tahu ya kalo kamu itu gak pedulian orangnya. Mulai sekarang kita gak usah berhubungan lagi!” Fay berlalu dengan muka cemberut dari hadapan Rey.
Tanpa membuang waktu lagi, Fay segera meluncur ke rumah Udin. Ia baru menyadari betapa besar cinta Udin kepadanya. Buktinya Udin sampai mogok makan begitu karena di putusin sama Fay. Sampai di rumah Udin, Fay melihat Udin sedang asyik melahap lontong sayur.
“ Udin, katanya elo sakit dan mogok makan?”
“ Eh, Fay. Ngapain lu kesini? Gue bukannya mogok makan, tapi gue lagi diet karbohidrat, biar gue bisa dapetin cewek yang lebih kece dari elo.”
“ Din, gue nyesel udah mutusin elo. Gue mau kita balikan lagi, yah.” Fay tersenyum manis pada Udin. Ia meraih tangan Udin, tapi Udin menepisnya sambil berkata.
"Lukaku sudah menganga lebar, kamu gak bakal bisa menutupnya lagi. Gue, elo.. end!"
Akhirnya Fay pun gigit jari.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

REVIEW CERPEN “ SALAWAT DEDAUNAN “

Review Film Hamari Adhuri Kahani

Quote dari Buku Sang Alkemis Paulo Coelho