Mak, Maaf aku tidak bisa Menikah

Mak, 
Aku minta maaf
Aku tidak bisa menikah

 Aku tahu
Kau pasti kecewa padaku
Karena melihatku menikah adalah impianmu

Aku tahu
Sejak kecil kau telah menyiapkan diriku
Agar bisa menjadi istri dan menantu yang baik

Sejak kecil
Kau mengajariku memasak, 
membersihkan rumah, 
Mencuci
Hingga mengatur urusan rumah tangga

Kaupun memgajariku
Tata cara makan dan duduk yang baik
Agar nanti tak membuat malu di hadapan mertua

Tapi, Mak
Aku tidak bisa menikah

Aku belum puas berbakti padamu
Aku belum rela mengganti surgaku
Dari tapak kakimu ke tapak kaki suamiku

Aku belum rela meninggalkanmu
Aku belum ikhlas mengganti fokus hidupku
Dari dirimu

Aku tahu
Kebahagiaan terbesarmu
Adalah melihat anak-anakmu bertemu pendamping hidupnya

Tapi, Mak
Kebahagiaan terbesar dalam hidupku
Adalah berbakti padamu

Karenanya, 
Aku minta maaf

Aku tidak bisa menikah
Sebelum aku puas memuliakanmu
Dengan segenap kemampuanku

Aku tidak bisa menikah
Sebelum aku bisa menghilangkan gurat kecemasan dari wajahmu
Tentang masa depan adik adikku

Aku tidak bisa menikah
Sebelum aku benar-benar ikhlas meninggalkanmu

Untuk membina keluarga baru

Biarkanlah saudara dan tetangga bicara, Mak
Ini tentang hidup anakmu
Tidak bisa dipertaruhkan
Hanya karena risih digosipin orang

Aku tidak bisa menikah
Sebelum aku tahu
Kau akan baik-baik saja tanpaku 


Tegal Parang, 14/08/2017

Komentar

Postingan populer dari blog ini

REVIEW CERPEN “ SALAWAT DEDAUNAN “

Review Film Hamari Adhuri Kahani

Quote dari Buku Sang Alkemis Paulo Coelho